Wednesday, May 9, 2012

KOLEKSI DOA-DOA RASULULLAH SAW UNTUK KITA


Doa Mohon Tidak Dihinakan Di Hari Kebangkitan (Do'a Nabi Ibrahim)

وَلاَ تُخْزِنِيْ يَوْمَ يُبْعَثُوْنَ. يَوْمَ لاَ يَنْفَعُ مَالٌ وَلاَ بَنُوْنَ. اِلاَّ مَنْ أَتَى اللهَ بِقَلْبٍ سَلِيْمٍ {الشعرآء : 87 – 89}

Dan janganlah Engkau hinakan Aku pada hari mereka dibangkitkan, (yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih, (QS. Asy Syu'araa' [26] : 87-89).

Doa Agar Diampuni Dan Tidak Hina Di Hari Kiamat (Doa Para Wali Allah Dan Solihin)

رَبَّنَآ أِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِيْ لِلإِيْمَانِ اَنْ ءَامِنُوْا بِرَبِّكُمْ فَئَامَنَّاج رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوْبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ اْلأَبْرَارِ. رَبَّنَا وَءَاتِنَا مَا وَعَدْتَّنَا عَلَى رُسُلِكَ وَلاَ تُخْزِنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِقلى اِنَّكَ لاَ تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ {آل عمران : 193 – 194}

193.Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (iaitu): "Berimanlah kamu kepada Tuhanmu", maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti. 194.Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan Rasul-rasul Mu. Dan janganlah Engkau hinakan kami di hari kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji." (QS. Ali 'Imran [3] : 193-194)

Doa Agar Dijauhkan Dari Kezaliman Serta Mendapat Pertolongan
Dan Perlindungan Allah (Doa Penduduk Makkah)

رَبَّنَآ اَخْرِجْنَا مِنْ هَذِهِ الْقَرْيَةِ الطَّالِمِ اَهْلُهَا وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ نَصِيْرًا {النساء : 75

"Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekah) yang zalim penduduknya dan berilah kami pelindung dari sisi Engkau, dan berilah kami penolong dari sisi Engkau!". (QS. An-Nisaa' [4] : 75)

Doa Agar Dijauhkan Dari Kaum yang zalim (Doa Asyhabul Kahfi)


رَبَّنَا لاَ تَجْعَلْنَا مَعَ الْقَوْمِ الظَّالِمِيْنَ {الأعراف : 47


"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang yang zalim itu".(QS. Al A'raaf [7] : 47)

Doa Diselamatkan Dari Kaum Yang Zalim (Doa Nabi Musa)

رَبِّ نَجِّنِيْ مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِيْنَ {القصص : 21

"Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim itu".(QS.Al Qashash [28] : 21)

Doa Mohon Kebaikan Terutama Rezeki (Doa Nabi Musa)

رَبِّ اِنِّيْ لِمَآ اَنْزَلْتَ اِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٍ {القصص : 24

"Ya Tuhanku Sesungguhnya Aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan[1118] yang Engkau turunkan kepadaku".(QS. Al Qashash [28] : 24)

Doa Agar Dimudahklan Rezeki (Doa Nabi Isa)

اَللّهُمَّ رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَآئِدَةً مِنَ السَّمَآءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا ِلأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِنْكَصلىوَارْزُقْنَاوَاَنْتَ خَيْرٌ الرَّازِقِيْنَ {المائدة : 114}

"Ya Allah, ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami iaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezki yang paling Utama".(QS. Al Maa-idah [5] : 114)

Doa Agar Selalu Menghadapkan Diri Kepada Allah (Doa Nabi Ibrahim)

اِنِّيْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًاصلى وَمَآ اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ {الأنعام : 79}

Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi, dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan. (QS. Al An'am [6] : 79)

Doa Mohon Menjadi Hamba Yang Ikhlas (Doa Nabi Muhammad)

اِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي ْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ – لاَ شَرِيْكَ لَهُو وَبِذَالِكَ اُمِرْتُ وَاَنَا اَوَّلُ الْمُسْلِمِيْنَ {الأنعام : 162-163}

Sesungguhnya salatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)". (QS. Al An'am [6] : 162-163)

Doa Agar Mendapat Taufiq (Doa Nabi Syu'aib)

وَمَا تَوْفِيْقِيْ اِلاَّ بِاللهِج عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْهِ اُنِيْبُ {هود : 16

Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepada Allah Aku bertawakkal dan Hanya kepadaNya-lah Aku kembali. (QS. Huud [11] : 88)

Doa Mohon Ampunan Allah (Doa Nabi Musa)

رَبِّ اِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْلِيْ فَغَفَرَ لَهُوج اِنَّهُو هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ{القصص : 16

16. Musa mendoa: "Ya Tuhanku, Sesungguhnya Aku Telah menganiaya diriku sendiri Karena itu ampunilah aku". Maka Allah mengampuninya, Sesungguhnya Allah dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al Qashash [28] : 16)

Doa Mohon Ampunan Dan Jauh Dari Sifat Dengki (Doa Muhajirin dan Ansar)

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَ ِلإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِاْلإِيْمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلاًّ لِّلَّذِيْنَ ءَامَنُوْا رَبَّنَآ اِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ {الحشر : 10}

"Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan sifat dengki dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang." (QS. Al Hasyr [59] : 10)

Doa Mohon Ampunan Dan Rahmat (Doa Nabi Adam Dan Hawa')

رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ {الأعراف : 23

"Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang rugi. (QS. Al A'raaf [7] : 23)

Doa Mohon Ampunan Dan Rahmat (Doa kaum mu'minin)

رَبَّنَآ ءَامَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ {المؤمنون : 109

Sesungguhnya, ada segolongan dari hamba-hamba-Ku berdoa (di dunia): "Ya Tuhan kami, kami Telah beriman, Maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah pemberi rahmat yang paling baik. (QS. Al Mu'minuun [23] : 109)

Doa Mohon Ampunan Dan Rahmat (Doa Nabi Muhammad)

رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ {المؤمنون : 118}

Dan Katakanlah: "Ya Tuhanku berilah ampun dan berilah rahmat, dan Engkau adalah pemberi rahmat yang paling baik." (QS. Al Mu'minuun [23] : 118)

Doa Mohon Rahmat Dan Ampunan (Doa Kaum Nabi Musa)

لَئِنْ لَّمْ يَرْحَمْنَا رَبُّنَا وَيَغْفِرْ لَنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ {الأعراف : 149

"Sungguh jika Tuhan kami tidak memberi rahmat kepada kami dan tidak mengampuni kami, pastilah kami menjadi orang-orang yang merugi." (QS.Al A'raaf [7] : 149)

Doa Mohon Ampunan Dan Rahmat (Doa Nabi Musa)

رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَ ِلأَخِيْ وَأَدْخِلْنَا فِيْ رَحْمَتِكَصلى وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ{الأعراف : 151

"Ya Tuhanku, ampunilah aku dan saudaraku dan masukkanlah kami ke dalam rahmat Engkau, dan Engkau adalah Maha Penyayang di antara para penyayang".(QS.Al A'raaf [7] : 151)

Doa Mohon Perlindungan, Ampunan Dan Rahmat (Doa Nabi Nuh)

رَبِّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ اَنْ اَسْئَلَكَ مَا لَيْسَ لِيْ بِهِى عِلْمٌصلى وَاِلاَّ تَغْفِرْلِيْ وَتَرْحَمْنِيْ اَكُنْ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ {هود : 47

Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakikat)nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi.". (QS.Huud [11] : 47)

Doa Mohon Ampunan, Rahmat Dan Kebaikan Dunia Akhirat (Doa Nabi Musa)

قَالَ رَبِّ لَوْ شِئْتَ اَهْلَكْتَهُمْ مِنْ قَبْلُ وَاِيَّايَ صلى اَتُهْلِكُنَا بِمَا فَعَلَ السُّفَهَآءُ مِنَّآصلى اِنْ هِيَ اِلاَّ فِتْنَتُكَ تُضِلُّ بِهَا مَنْ تَشَآءُ وَتَهْدِيْ مَنْ تَشَآءُصلى اَنْتَ وَلِيُّنَا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَاصلى وَاَنْتَ خَيْرُ الْغَافِرِيْنَ – وَاكْتُبْ لَنَا فِيْ هَذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَة ً وَفِى اْلآخِرَةِ اِنَّا هُدْنَا اِلَيْكَج قَالَ عَذَابِيْ اُصِيْبُ بِهِى مَنْ اَشَآءُ صلى وَرَحْمَتِيْ وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ ج فَسَاَكْتُبُهَا لِلَّذِيْنَ يَتَّقُوْنَ وَيُؤْتُوْنَ الزَّكَاةَ وَالَّذِيْنَ هُمْ بِئَايَاتِنَا يُؤْمِنُوْنَ {الأعراف : 155-156

Musa berkata: "Ya Tuhanku, kalau Engkau kehendaki, tentulah Engkau membinasakan mereka dan aku sebelum ini. Apakah Engkau membinasakan kami kerana perbuatan orang-orang yang kurang akal di antara kami? Itu hanyalah dugaan dari Engkau, Engkau sesatkan dengan cubaan itu siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau beri petunjuk kepada siapa yang Engkau kehendaki Engkaulah yang memimpin kami, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkaulah pemberi ampun yang sebaik-baiknya". Dan tetapkanlah untuk kami kebajikan di dunia ini dan di akhirat; sesungguhnya kami kembali (bertaubat) kepada Engkau. Allah berfirman: "SiksaKu akan Aku timpakan kepada sesiapa yang Aku kehendaki dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan Aku tetapkan rahmatKu untuk orang-orang yang bertaqwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat kami". QS.Al A'raaf [7] : 155-156)

Doa Agar Mu'minin Diberi Ampunan Dan Selamat Dari Neraka (Doa Para Malaikat)

رَبَّنَا وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِيْنَ تَابُوْا وَاتَّبَعُوْا سَبِيْلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيْمِ {المؤمن : 7

"Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, Maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala, (QS. Al Mu'min [40] : 7)

Doa Agar Mukminin Dimasukkan Dalam Syurga (Doa Para Malaikat)


رَبَّنَا وَاَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنِ نِالَّتِيْ وَعَدْتَّهُمْ وَمَنْ صَلَحَ مِنْ ءَابَآئِهِمْ وَاَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ ج اِنَّكَ اَنْتَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ {المؤمن : 8

Ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam Syurga 'Adnin yang Telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang soleh di antara bapa-bapa mereka, dan isteri-isteri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana, (QS. Al Mu'min [40] : 8)

Doa Agar Mu'minin Dijauhkan Dari Kejahatan (Doa Para Malaikat)

وَقِهِمُ السَّيِّئَاتِ ج وَمَنْ تَقِ السَّيِّئَاتِ يَوْمَئِذٍ فَقَدْ رَحِمْتَهُ ج وَذَالِك هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ {المؤمن : 9}

Dan peliharalah mereka dari (balasan) kejahatan. dan orang-orang yang Engkau pelihara dari (pembalasan) kejahatan pada hari itu Maka Sesungguhnya Telah Engkau anugerahkan rahmat kepadanya dan Itulah kemenangan yang besar".(QS. Al Mu'min [40] : 9)

Doa Agar Diberi Rahmat Dan Petunjuk (Doa Ash-habul Kahfi)

رَبَّنَآ ءَاتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا {الكهف : 10

(Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)."(QS. Al Kahfi [18] : 10)

Doa Agar Diberi Petunjuk(Doa Nabi Musa)

عَسَىا رَبِّيْ اَنْ يَهْدِيَنِيْ سَوَآءَ السَّبِيْلِ {القصص : 22

"Mudah-mudahan Tuhanku memimpinku ke jalan yang benar". (QS. Al Qashash [28] : 22)

Doa Agar Yakin Bahwa Ilmu Allah Luas Dan Bertawakkal Kepada-Nya (Doa Nabi Syu'ib)

وَسِعَ رَبُّنَا كُلَّ شَيْءٍ عِلْمًا ج عَلَى اللهِ تَوَكَّلْنَا ج رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَاَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِيْنَ {الأعراف : 89}

Pengetahuan Tuhan kami meliputi segala sesuatu. Kepada Allah sajalah kami bertawakkal. Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil) dan Engkaulah pemberi keputusan yang sebaik-baiknya. (QS.Al A'raaf [7] : 89)

Doa Bertawakkal Dan Bertaubat Kepada Allah (Doa Nabi Ibrahim)

رَبَّنَا عَلَيْكَ تَوَكَّلْنَا وَاِلَيْكَ اَنَبْنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ {الممتحنة : 4

"Ya Tuhan kami Hanya kepada Engkaulah kami bertawakkal dan Hanya kepada Engkaulah kami bertaubat dan Hanya kepada Engkaulah kami kembali." (QS. Al Mumtahanah [60] : 4)

Doa Mohon Ampun Dan Dijauhkan Dari Fitnah (Doa Nabi Ibrahim)

رَبَّنَا لاَ تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَاغْفِرْ لَنَا رَبَّنَآصلى اِنَّكَ اَنْتَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ {الممتحنة : 5}

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi orang-orang kafir. Dan ampunilah kami Ya Tuhan kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana".(QS. Al Mumtahanah [60] : 5)

Doa Agar Selalu Bertawakkal Kepada Allah (Doa Orang-Orang Beriman)

قُلْ لَنْ يُصِيْبَنَا اِلاَّ مَا كَتَبَ اللهُ لَنَا هُوَ مَوْلاَنَاج وَعَلَى اللهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُوْنَ {التوبة : 51

Katakanlah: "Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang Telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah pelindung kami, dan Hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal." (QS. At-Taubah [9] : 51)

Doa Agar Bertawakkal Dan Jauh Dari Fitnah (Doa Nabi Kaum Musa)

عَلَى اللهِ تَوَكَّلْنَا رَبَّنَا لاَ تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلْقَوْمِ الظَّالِمِيْنَ- وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ {يونس : 85-86

85.Lalu mereka berkata: "Kepada Allah-lah kami bertawakkal! Ya Tuhan kami; janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, 86.Dan selamatkanlah kami dengan rahmat Engkau dari (tipu daya) orang-orang yang kafir." (QS. Yunus [10] : 85-86)

Sama-sama kita berdoa dan bermunajat kepada Allah, terutama setiap solat Lima Waktu. Digalakkan juga pada bila waktu yang sesuai dan di situasi dan tempat yang baik dan dibenarkan.

7 comments:

  1. Assalammulaikum
    Doa naik kenderaan ade dok, tuan admin?

    ReplyDelete
  2. Terima kasih ustaz. Mohon share :)

    ReplyDelete
  3. Syukran Ya Ustaz...Mohon Share Doa Ini.

    ReplyDelete
  4. assalamualaikum... mohon share ye ustaz..

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum... mohon share ye ustaz

    ReplyDelete
  6. Saya dan keluarga memulangkan kepunyaan dsyifamentakab.blog yang ada pada kami.

    ReplyDelete